cara menguras dan mengisi kembali air radiator V-Ixion / FZ150i


Bra bre bro, berhubung ada teman yang nanya cara menguras air radiator di motor piksen nya, sekalian aja ane bikinin artikel nya :D

berikut cara menguras air radiator vixion

Peralatan yang harus di siapkan :

1. wadah penampungan bekas air radiator

2. kunci pas 10 untuk membuka baut pembuangan air

3. kunci L buat membuka side cowl

4. Yamacoolant

Langkah 1. buka dulu side cowl nya

buka side cowl

Langkah 2 . buka baut yang berada di silinder mesin, tepatnya di bawah header knalpot, jangan lupa siapkan juga tempat / wadah untuk menampung air bekas radiator, biar gak mbleber kemana mana.

baut pembuangan air radiator

Langkah 3. Buka tutup radiator yang berada di radiator sebelah kanan atas, tunggu sampai airnya keluar semua dari lubang pembuangan.

Buka tutup radiatornya :roll:

Langkah 4. kalau sudah terkuras, tutup kembali baut pembuangan air radiator nya, jangan sampai kelupaan nih nanti atas ngisi bawahnya masih ngucur :mrgreen:

Langkah 5. Isi air radiator sampai penuh

Isi air radiator sampai penuh

Langkah 6. buka side cover kiri yang bentuknya segitiga hitam dibawah tangki.lalu isi reservoir nya, jangan terlalu penuh. buka tutup rerservoirnya lalu isi dengan Yamacoolant.

isi reservoir sampai batas "FULL" , jangan terlalu penuh

Langkah 7.  Pasangkembali tutup reservoir, lalu pasang kembali side cover dan side cowl nya. Jangan lupa sisa sisa aer radiator dibuang biar tidak dipake mainan oleh anak kecil / malah tumpah :mrgreen:

Semoga membantu :)

About these ads

88 thoughts on “cara menguras dan mengisi kembali air radiator V-Ixion / FZ150i

  1. om jer,, pas kmaren ane ke beres nih yaa
    kan isi yamacoolant… cuma ga dilakuin langkah ke 6 tuh

    berarti harus diisi juga yaa?

    klo ga diisi kenapa?

  2. tks banget yaaaa……………….
    lumayan buat pengetahuan nih…………………

    dari ga tau jd tau.
    smoga jd ilmu yg bermanfaat

  3. saya mw nanya ne kog waktu saya ngisi air radiatorny mlah bnyak yg keluar dr sel2 radiator..kenapa y..????
    apakah radiatornya bocor soalnya abz d isi saya lihat lagi sktr 4-5 jam kog airnya kering lagi.

  4. bung jery,skrg kan ada yamaube carbon cleaner 75ml yg cara pakai di tuangkan ke tangki campur bensin,,,apa bener bisa buat kerak”atau carbon di ruang bakar berkurang?? lalu dimana aja sudah jual yamalube carbon cleaner?

  5. siang brow mau tanya klo baut pembuangan aer radiator vixion patah gmn y brow?
    apa harus d’bubut / ada cara laen?

  6. siang bro, mu tanya. kalau yamacoolant di ganti pake air demin/ air aki boleh ga?
    satu lagi, air radiator d vixi saya sudah di isi full tp dapet beberapa minggu kosong lg, kemungkinan bocor ya? tp sy cek secara visual gada yang bocor, kemungkinan bocornya dmana ya gan?
    tlong infonya, mksh

      • buat yang sering bocor/cepat habis air radiatornya harus segera ditangani gan, masalahnya kalau kebocoran tidak diketahui secara jelas, biasanya itu ada kerusakan di pompa radiatornya, tepatnya sheel/klep pompa radiator yang sudah gag layak pakai lagi, hal ini sering terjadi apabila agan mengisi air radiator dalam keadaan mesin masih bersuhu -+ diatas 60 drajat, karena saat mesin panas sheel/klep pompa radiator akan mengembang, dan apabila langsung di masukkan air radiator maka sheel/klep pompa akan pecah, logikanya kaya gelas ajaa, habis panas ketemu zat yang dingin.., otomatis sheel/klep yang kena nantinya.., untuk itu buat agan2 vixionerz sedikit tips juga nih, kalau mau ganti air radiator jngan pada saat mesin dalam keadaan panas, kalau bisa saat mesin dalam keadaan dingin.., kalau seumpamanya mesin panas didiamkan dulu selama 10-15 menit.., biar sheel/klepnya gag kaget.., karena kalau sheel/klep pompa rusak.., air radiator yang ada di tabung penampungan reservoir akan cepat habis, bisa di cek di sebelah kiri dibawah tangki.., jika masalah ini gag segera ditangani bahaya gan, karena imbasnya air radiator kalau sampe bocor akan ikut tercampur jadi satu sama oli mesin.., jadi berakibat fatal.., tau sendiri ya kalau udah begitu.., huhuuu motor udah ngejerit2.., xixixi.., alias TURUN MESIN…., makanya itu jangan anggep sepele air radiator ya gan.., biar gampang langsung aja bawa ke beres terdekat.., ok.. trim ksih

      • thank you gan atas masukkannya, biasanya juga kebocoran terjadi di slang radiatornya karena sudah getas maka dia pecah / retak, makanya jadi bocor, yang parah sih kalau seal water pump nya bocor, aer radiator sudah pasti akan masuk ke dalam mesin bercampur dengan oli

  7. waduh vixi ane udah KM 11.500 belom ganti aer radiator gan :D
    ijin bokmark ya, biar nyoba sendiri drmh :) thx gan

  8. brow jerry, kalo kita buka baut pembuangan yg di silinder blok mesin itu, air yg di reservoir juga ikut terkuras kan?

  9. Ana mau nanya ni , biasa y ana pkai yg mrek yamacoolant tp skrng di ganti dng top 1 gak apa2 tu , dan satu lg klw tercampur gmn ya

  10. maaf agan2 sekalian,.. ane tau dikit tentang tabung reservoir

    tabung reservoir berfungsi menampung muaian di radiator yang disebabkan karena panas serta tekanan air di dalam radiator. Dan jika tekanan melebihi angka tertentu, air akan mengalir menuju reservoir,

    klo menurut ana sih emang seharusnya tabung reservoir kosong,.. klo penuh dibuang/dikuras,…

    maksh gan atas waktunya :)

    • di vixion ga boleh kosong bro :mrgreen: .

      jangankan kosong, slangnya kotor aja ga boleh

      sbab bisa menyebabkan overheat :mrgreen:

      klo slang kotor air ga ngalir malah bisa waterhammer :mrgreen:

  11. gan klo mau buka tutup reservoirnye. buka bodi yang sebelah kiri dulu apa ga di buka tuh bodi? apa cuma buka side cowling langsung muncul tuh tutup reservoirnya??

  12. mas ni ane baca artikel laen yaitu *setelah air radiator terkuras habis, kuras dg air mineral (jangan air sumur,air pam ) kalau mau lebih bagus kuras dg coolat radiator*. kalo setelah dikuras habis terus di bilas pakek air boleh kagak mas,trus apa eveknya? sekalian mas jerry minta alamat fb nya :D

  13. mas bro, wktu air rdiator ny di kuras kok air ny gk terkuras smua ya?? tak intip radiator ny msih ada air ny stengah

  14. Om jer, vixion aku tabung cadangan nya aku copot, pas kemare aku perjalanan jauh kok mesinya mati gak mau hidup, apa overheat soalnya lampu tanda radiatornya nyala terus

  15. mas brow kalo elemen nya banyak yng penyok resikonya apa ya ..!kayaknya nic sebelum aq dapet motor sering di cuci stem jd banyak yang penyok ./..?

  16. gan,fungsi reservoir apa si? kmaren ane intip msi full,tp diperiksa air radiator uda kering melompong,ampe termostat ane rusak,,,,

    • reservoir itu aer cadangan radiator bro, jangan sampai melebihi batas “LOW” , harus selalu ada di batas “FULL”

      logikanya itu aer muter terus ga akan habis, kalau berkurang itu patut dipertanyakan :)

  17. gan, ane dulu pas 6000 km servis di dealer resmi yamaha ganti air coolant, itu jga ane yg minta soal’y tiap di pke perjalanan deket aja kipas yg di deket radiator slalu muter apa itu jga pertnda mesin udh overheating,,, nah skrg vixion ane udh 13000 km+/- ky gtu lgi gan, apa lgi klw ktmu macet mesin ga dimati’in kipas’y muter trus eh tiba2 mesin mati gtu aja,,, apa itu jga petanda aer coolant dkit lgi, pas ane cek di dket delta box, ga begerak sma skli aer’y apa ane yg ga kliatn,,,?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s