Tata krama Touring


Bra bre bro sekalian pasti ada yang demen touring ya , khususnya yg ikutan club:mrgreen:, yang penting ada ongkos bensin ama waktu aja , pasti deh ikutan touring, duit pas2an ga masalah yg penting brotherhood😀.

HAL2 PENTING YG HARUS DI PATUHI PETUGAS & PESERTA TURING

KONDISI FISIK

Prepare Mau berangkat

1. Diharapkan seluruh peserta turing dalam kondisi SEHAT.
2. Dianjurkan sudah melakukan pemanasan tubuh sebelum mengendarai motornya.
3. Dianjurkan CUKUP ISTIRAHAT sebelum keberangkatan turing .
4. Dianjurkan untuk makan makanan yg bergizi, yg mengandung karbohidrat dan protein
sebelum keberangkatan turing, demi menjaga kondisi tetap primapada saat perjalanan.
5. Dianjurkan untuk minum minuman suplemen penambah tenaga agar kondisi
tetap terjaga dan tidak mengantuk selama perjalanan.

PERLENGKAPAN DIRI
1.Pakaian dan peralatan pribadi
a. Baju dan Celana ganti.
b. Baju hangat/sweater.
c. Sarung/Sleeping Bag/Matras.
d. Kaos kaki cadangan.
e. Peralatan MCK (handuk, sabun, sikat gigi, pasta, dll.)

2. Perbekalan
a. Makanan kecil/snack/roti.
b. Air mineral/suplemen.

3. Peralatan Penunjang
a. Senter
b.Kantong plastik secukupnya
c. Tali secukupnya
d. Solatip/lagban
e. Gunting
f. Pisau cutter.

4. Surat-surat (diri dan kendaraan)
a. SIM
b. STNK
c. KTP
d. dll

5. Peralatan Pengendara (Standar Safety Riding)
a. Helm (Half/Full Face)
b. Sepatu menutupi mata kaki.
c. Jaket touring.
d. Sarung tangan (dianjurkan yg full finger)
e. Jas hujan (bukan ponco)
f. Rompi/Body protector
g. Balac/Kupluk
h. Arm & Knee Protector

PERSIAPAN KENDARAAN

Prepare pulang

1. Fungsi STANDAR kelengkapan motor harus tetap terpasang dan berfungsi.[/b]
a. Kaca spion kanan – kiri.
b. Klakson.
c. Lampu Depan, lampu sein, lampu rem
d. Spatbor (jika perlu diberi tambahan)
e. Ban (depan min. ukuran 2.50, belakang min. ukuran 2.75)
f. Speedo meter, indikator bensin, dll.

2. Motor sudah di TUNE-UP, minimal seminggu sebelum keberangkatan
turing.
a. Stel klep.
b. Setting dan Clean Karburtaor + saringan.
c. Ganti oli.
d. Cek busi.
e. Cek kopling.
f. Cek rantai keteng.
g. Cek spul dan magnet.

3. Periksa ketinggian air ACCU.
4. Cek CDI, Coil, Kiprok.
5. Cek kanvas REM.
6. Minyak rem (untuk rem cakram).
7. Cek tekan angin pada BAN dan kelayakannya.
8. Cek VELG.
9. Cek KELISTRIKAN/lampu dan kabel2 penunjang,
a. Sekering.
b. Lampu malam (jauh/dekat).
c. Lampu senja.
d. Lampu rem.
e. Lampu sein.
f. Lampu indikator.
g. Lampu Aksesories.
h. socket2 kabel dan relay (bersih dan tidak berkerak).
i. kabel2 dalam keadaan baik.

10. Cek fungsi SWITCH/tombol2 pd stang.
11. Cek ketegangan RANTAI.
12. Cek dan kencangkan semua BAUT yg terpasang pd motor.

PERALATAN PENUNJANG (wajib)
1. Tool kits (standar).
a. Kunci pas/ring.
b. Kunci Busi.
c. Tang.
d. Obeng plus/min.
e. Kunci inggris.
2. Baut, mur, ring (cadangan).
3. Bola lampu (cadangan)
4. Sekering (cadangan min. 2 buah).
5. Busi (cadangan).
6. Tali kopling (cadangan).
7. Kabel (cadangan).
8. Lap/kain.

PERALATAN PENUNJANG (tidak wajib)
1. Oli
2. Air accu
3. Ban dalam
4. Chain lube/WD40
5. Tip-top
6. Ampelas
7. Power glue

**********

TATA TERTIB

Prepare

Seluruh peserta turing di harapkan hadir 3~2 jam sebelum keberangkatan,
agar bisa mengikuti briefing pelaksanaan tata tertib ketentuan dalam
perjalanan, juga agar bisa dilakukan pengecekan/scruiting kendaraan seluruh
peserta oleh UKB, serta persiapan2 lainnya.

TATA TERTIB PESERTA TURING
1. Mematuhi peraturan Lalu Lintas.

2. Diharapkan tidak bercanda/ngobrol dengan sesama peserta (apabila tidak
diperlukan).

3. Tidak di perbolehkan melakukan manouver2 yg sekiranya membahayakan diri
sendiri, peserta lain juga pengguna jalan lain.
4. Saling menghormati dengan sesama pengguna jalan.
a. Tidak berbuat arogan dan meng-intimidasi pengguna jalan lain.
b. Memberi kode dan isyarat dgn sopan ketika meminta jalan, juga jangan lupa memberi ucapkan terima kasih sesudahnya dengan mengacungkan jempol.

5. Mengikuti semua petunjuk dari Road Captain (RC), serta wajib meneruskan
semua petunjuk tadi ke seluruh barisan hingga barisan yg paling belakang.
a. Kode tangan (Hand Code)
b. Kode kaki (Foot Code)

6. Peserta turing wajib mentaati perintah dari petugas turing (RC, Blocker,
Sweeper)

7. Tidak menyalakan/membunyikan sirene atau klakson secara terus menerus
selama lm perjalanan, kecuali pada saat2 yg memang sangat diperlukan.

8. Tidak boleh sambil merokok selama berkendara.

9. Tidak menggunakan/dalam pengaruh obat2an.

Dan yang terpenting adalah kode atau signal signal tangan ataupun kaki yang digunakan dalam perjalanan ketika sedang touring, untuk memberi kode pada rider di belakang kita akan adanya rintangan atau kode kode lain nya.

Hand Signal Touring

Demikian penjelasan tentang persiapan dan tatib turing yg wajib dimengerti
dan dipatuhi Oleh semua petugas dan peserta Turing.
DEMI KENYAMANAN DAN KESELAMATAN SELURUH PESERTA TURING, UKB dengan berat
hati tidak mengijinkan peserta yang tidak memenuhi kriteria keselamatan
berkendara yang sudah di sebutkan diatas untuk mengikuti touring.

Mari kita Kampanye-kan Disiplin Berkendara, Tertib Lalin dan menghormati
sesama pengguna jalan.

Mari kita minimalkan resiko kecelakaan yg mungkin terjadi.

Mudah2an semua itu bisa mengangkat citra bikers di masyarakat pada umumnya,
juga sesama pengguna jalan pada khususnya.

7 thoughts on “Tata krama Touring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s