Bra bre bro, berhubung ada teman yang nanya cara menguras air radiator di motor piksen nya, sekalian aja ane bikinin artikel nya 😀
berikut cara menguras air radiator vixion
Peralatan yang harus di siapkan :
1. wadah penampungan bekas air radiator
2. kunci pas 10 untuk membuka baut pembuangan air
3. kunci L buat membuka side cowl
4. Yamacoolant
Langkah 1. buka dulu side cowl nya
Langkah 2 . buka baut yang berada di silinder mesin, tepatnya di bawah header knalpot, jangan lupa siapkan juga tempat / wadah untuk menampung air bekas radiator, biar gak mbleber kemana mana.
Langkah 3. Buka tutup radiator yang berada di radiator sebelah kanan atas, tunggu sampai airnya keluar semua dari lubang pembuangan.
Langkah 4. kalau sudah terkuras, tutup kembali baut pembuangan air radiator nya, jangan sampai kelupaan nih nanti atas ngisi bawahnya masih ngucur
Langkah 5. Isi air radiator sampai penuh
Langkah 6. buka side cover kiri yang bentuknya segitiga hitam dibawah tangki.lalu isi reservoir nya, jangan terlalu penuh. buka tutup rerservoirnya lalu isi dengan Yamacoolant.
Langkah 7. Pasangkembali tutup reservoir, lalu pasang kembali side cover dan side cowl nya. Jangan lupa sisa sisa aer radiator dibuang biar tidak dipake mainan oleh anak kecil / malah tumpah
Semoga membantu 🙂
Langkah ke-4 jangan sampe terlewatkan. Bukan begitu Masbro?? 😀
wkkwkwkwkwkwkw nanti tumpah lagi 😳
om jer,, pas kmaren ane ke beres nih yaa
kan isi yamacoolant… cuma ga dilakuin langkah ke 6 tuh
berarti harus diisi juga yaa?
klo ga diisi kenapa?
intip aja, kalau dia posisi di bawah full mendekati low isi aja, kalau masih banyak sih gapapa
itu tabung cadangan
mas bro kapan shi harus ganti air radiator
oke deh om jer..
makasih yaa 😀
nanti ane cek :shakehand
sippp
sipp membantu banget pakdhe….!!
sngt membantu klo males ke beres om.. ktnya air radiatornya bisa dimnum jg tuh..
boleh dicoba kalau haus wkeekkeke
tks banget yaaaa……………….
lumayan buat pengetahuan nih…………………
dari ga tau jd tau.
smoga jd ilmu yg bermanfaat
ganti air radiator nya yang bagus n biasa nya berapa bulan sekali tau berapa tahun sekali mas???
tiap 9000km sekali bro
nice post mas bro…hehe
thanks gan
sip sip
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/06/harga-pertamax-naik-ninja-250-r-minum-premium/
saya mw nanya ne kog waktu saya ngisi air radiatorny mlah bnyak yg keluar dr sel2 radiator..kenapa y..????
apakah radiatornya bocor soalnya abz d isi saya lihat lagi sktr 4-5 jam kog airnya kering lagi.
wah itu sih radiatornya bocor gan
radiator bocor bisa di tangani di lem misalnya?
las almu di tukang radiator, ongkos sekitar 30ribu tapi ga awet paling lama sebulan bocor lagi
bung jery,skrg kan ada yamaube carbon cleaner 75ml yg cara pakai di tuangkan ke tangki campur bensin,,,apa bener bisa buat kerak”atau carbon di ruang bakar berkurang?? lalu dimana aja sudah jual yamalube carbon cleaner?
wah maap bro ane lama ga service hehehehe jadi belum tau efek sampingnya soale belum pernah mencoba hehehhe
makasih bro atas informasinya
sama sama masbroo
siang brow mau tanya klo baut pembuangan aer radiator vixion patah gmn y brow?
apa harus d’bubut / ada cara laen?
patah gimana bro ? drat ulang kalau patah di dalam
Drat ulang nya gmn ya bro??soalnya baut ane patah didalam ini..
dibawa aja ke bengkel bro, nanti sama bengkelnya itu baut dibor biar bisa dikeluarin
siang bro, mu tanya. kalau yamacoolant di ganti pake air demin/ air aki boleh ga?
satu lagi, air radiator d vixi saya sudah di isi full tp dapet beberapa minggu kosong lg, kemungkinan bocor ya? tp sy cek secara visual gada yang bocor, kemungkinan bocornya dmana ya gan?
tlong infonya, mksh
jangan bro, pake yamacoolant / top 1 saja
di reservoir ada kebocoran tidak ? atau kebuntuan
buat yang sering bocor/cepat habis air radiatornya harus segera ditangani gan, masalahnya kalau kebocoran tidak diketahui secara jelas, biasanya itu ada kerusakan di pompa radiatornya, tepatnya sheel/klep pompa radiator yang sudah gag layak pakai lagi, hal ini sering terjadi apabila agan mengisi air radiator dalam keadaan mesin masih bersuhu -+ diatas 60 drajat, karena saat mesin panas sheel/klep pompa radiator akan mengembang, dan apabila langsung di masukkan air radiator maka sheel/klep pompa akan pecah, logikanya kaya gelas ajaa, habis panas ketemu zat yang dingin.., otomatis sheel/klep yang kena nantinya.., untuk itu buat agan2 vixionerz sedikit tips juga nih, kalau mau ganti air radiator jngan pada saat mesin dalam keadaan panas, kalau bisa saat mesin dalam keadaan dingin.., kalau seumpamanya mesin panas didiamkan dulu selama 10-15 menit.., biar sheel/klepnya gag kaget.., karena kalau sheel/klep pompa rusak.., air radiator yang ada di tabung penampungan reservoir akan cepat habis, bisa di cek di sebelah kiri dibawah tangki.., jika masalah ini gag segera ditangani bahaya gan, karena imbasnya air radiator kalau sampe bocor akan ikut tercampur jadi satu sama oli mesin.., jadi berakibat fatal.., tau sendiri ya kalau udah begitu.., huhuuu motor udah ngejerit2.., xixixi.., alias TURUN MESIN…., makanya itu jangan anggep sepele air radiator ya gan.., biar gampang langsung aja bawa ke beres terdekat.., ok.. trim ksih
thank you gan atas masukkannya, biasanya juga kebocoran terjadi di slang radiatornya karena sudah getas maka dia pecah / retak, makanya jadi bocor, yang parah sih kalau seal water pump nya bocor, aer radiator sudah pasti akan masuk ke dalam mesin bercampur dengan oli
waduh vixi ane udah KM 11.500 belom ganti aer radiator gan 😀
ijin bokmark ya, biar nyoba sendiri drmh 🙂 thx gan
siappp
skalian tanya, hrga yamacoolant berapaan yak 😀
brow jerry, kalo kita buka baut pembuangan yg di silinder blok mesin itu, air yg di reservoir juga ikut terkuras kan?
yg di reservoir gak ikut berkurang bro , yg di reservoir kuras dari reservoirnya langsung 🙂
Om jer,baut pembuangan radiator sy patah,minta petnjuk dibengkel2,katanya dilem aja. apa tidak ada pengaruhnya?
Kalau dilem gimana mau ngetap kalau mau ganti bro ?
karbitan bout bisa om jer…(bengkel las) hehehe….hampir saja di lem…thx ya bro…
pakai air galon bisa g?
bisa gan
bisa karatan
thanks banget info kang . . . .
sama sama gan
Ana mau nanya ni , biasa y ana pkai yg mrek yamacoolant tp skrng di ganti dng top 1 gak apa2 tu , dan satu lg klw tercampur gmn ya
dikuras habis saja dulu gan baru diganti 🙂
mas jerry,,kalo pengurasan disemprot pake angin,,biar bersih gitu,,,apakah ada efeknya pada radiator??
jangan disemprot om, nanti cepat karatan, karena dalam angin ada unsur air nya
mas jeri…. cara mengatasi radiator cepat panas….. gmna carane?????
Air radiator kapan trakhir ganti ?
Check fan radiator
Kalau kotor bersihkan aja
Om Jerr..ane mau nanya nih klo air radiator gk pernah diganti apakah efek samping’a selain mesin cepat panas ?
performa turun tapi ga signifikan
yang pasti cepet panas
om mau tanya.. kalo tabung putih reservoir kosong / ga diisi gapapa?
isi aja bro nanti ngejam lho karena overheat
numpang tanya nih mas,kalau elmen nya kotor,cara ngebersihinnya gmn?apa boleh di sikat pake sikat cuci?makash sblmnya..
dicuci aja disikat pelan2 biar ga penyok
semprotan jangan terlalu kuat
maaf agan2 sekalian,.. ane tau dikit tentang tabung reservoir
tabung reservoir berfungsi menampung muaian di radiator yang disebabkan karena panas serta tekanan air di dalam radiator. Dan jika tekanan melebihi angka tertentu, air akan mengalir menuju reservoir,
klo menurut ana sih emang seharusnya tabung reservoir kosong,.. klo penuh dibuang/dikuras,…
maksh gan atas waktunya 🙂
di vixion ga boleh kosong bro .
jangankan kosong, slangnya kotor aja ga boleh
sbab bisa menyebabkan overheat
klo slang kotor air ga ngalir malah bisa waterhammer
Mau nanya nih bro ganti air coolant dengan merk biasa hrga’a jga biasa cman 1ltr 12rbu kandungan air coolant’a sma ga bro…dngan pbrikan
Permisi broo”ane mau tanya nih kalau cara menguras atau mengisi air radiator utk yamaha jupiter mx gimana cara nya !!
Bro mau nxa ni,g’mna ci cra mnguras air radiator x berada d’reservoir
gan klo mau buka tutup reservoirnye. buka bodi yang sebelah kiri dulu apa ga di buka tuh bodi? apa cuma buka side cowling langsung muncul tuh tutup reservoirnya??
mas ni ane baca artikel laen yaitu *setelah air radiator terkuras habis, kuras dg air mineral (jangan air sumur,air pam ) kalau mau lebih bagus kuras dg coolat radiator*. kalo setelah dikuras habis terus di bilas pakek air boleh kagak mas,trus apa eveknya? sekalian mas jerry minta alamat fb nya 😀
mas bro, wktu air rdiator ny di kuras kok air ny gk terkuras smua ya?? tak intip radiator ny msih ada air ny stengah
dicopot aja gapapa bro
sangat berguna banget . moga di balas oleh alloh swt.
thanks gan
Om jer, vixion aku tabung cadangan nya aku copot, pas kemare aku perjalanan jauh kok mesinya mati gak mau hidup, apa overheat soalnya lampu tanda radiatornya nyala terus
loh ngapain di copot ?
bro over heat itu apa ..
kalo v-ixion drag masih perlu apa ngak air radiator
kepanasan bro, masih pake radiator gak ? kalau pake ya kasih aja aer radiator, kalau ga pake air radiator macet nanti
bro kalo iar radiator nya ngak di ganti2 apa efek nya
langkah2 gati air radiator visen cuma itu iya 🙂
iya bro
goblok nganti air radiator aja mseh d cari d gogle
goblok goblok goblok
karbitan bout bisa om jer…(bengkel las) hehehe….hampir saja di lem…thx ya bro…
gan yg d mksud yamahcoolant tu pa?
aer radiator dari yamaha gan
mas brow kalo elemen nya banyak yng penyok resikonya apa ya ..!kayaknya nic sebelum aq dapet motor sering di cuci stem jd banyak yang penyok ./..?
biar makin jos pakai air zam-zam
di jamin motor makin jos gondos.
biar semakin jadi berkah ya bro
gan,fungsi reservoir apa si? kmaren ane intip msi full,tp diperiksa air radiator uda kering melompong,ampe termostat ane rusak,,,,
reservoir itu aer cadangan radiator bro, jangan sampai melebihi batas “LOW” , harus selalu ada di batas “FULL”
logikanya itu aer muter terus ga akan habis, kalau berkurang itu patut dipertanyakan 🙂
Mas bro saya mau tanyak,,vixion saya koq suara nya agak kasar ya,terus gak bisa stabil lagi gas nya,,,kalau boleh tau apa ya penyakit nya,,?
check di beres aja bro, bisa jadi kerenggangan klep perlu di stel
bro Klo air radiator berkurang wajar gak si?trus cara menguras air di reservoirnya gimana?thnk b4
Gan baut pembuangan air radiator mx yg di dkat knlpot ya..
Aneh buka koq keras bgt apa boleh di buka sambil di ketok.
gan, ane dulu pas 6000 km servis di dealer resmi yamaha ganti air coolant, itu jga ane yg minta soal’y tiap di pke perjalanan deket aja kipas yg di deket radiator slalu muter apa itu jga pertnda mesin udh overheating,,, nah skrg vixion ane udh 13000 km+/- ky gtu lgi gan, apa lgi klw ktmu macet mesin ga dimati’in kipas’y muter trus eh tiba2 mesin mati gtu aja,,, apa itu jga petanda aer coolant dkit lgi, pas ane cek di dket delta box, ga begerak sma skli aer’y apa ane yg ga kliatn,,,?
gan,mau tanya.langkah 5nya itu pakek yamacoolant juga ya?
kjalo pakek air coolant yg lain ngaruh gag gan? makasih
makasih info yang sangat bermanfaat ini mas juragan
thankz mz gan… infonya the gud dh… kmaren bis stel klep pantek kopling d berees… ganti aer rdiator jg… tapi kacau dia masang slang gede yg nempel di radiatorr g knceng msangnya… jd bocor kluar kmana mana d parkiran… baru ganti pdhl.. ehh yg d tabung cadangan mpe mw habis…..
gann… xlo yg di isi d tabung cadangan doank bs ga?? rencana mw bli airnya doank trs d isi sendirii… msh jengkel ama tkg bengkelnyaa.. harganya brapa gan aer radiatornya doank… thankz gan..
porum bagus ni mas bro..
Mass broo ane mw nanya ni..
Tabung cadangan radiator vixi ane bocor.. Ane lihat ada retakkan di bagian bawah.. Itu knp bisa bocor y? Hrga tabungnya brpa? Apa bsa di tukar tnpa hrs di beres?
Mksh..
klo di beres harusnya ada bro tapi ane ga tau harganya berapa an
vixion taun berapa bro ?
Bang admind,mau tanya nih,knp ya, kipas radiator di old vixion ane bunyi putarannya keras, g kyk vixion pada umumnya tanpa suara,kyk aus gitu,kira2 apanya ya,apa itu salah satu dr efek kekurangan air radiator? Trimakasih atas jawabannya….
Vixi sitim mesin DOHC jadi ngga bisa di stel klep nya kalau suara keras tekan kupling baru dieum jedug” itu karna karet rumah kupling udah oblag
Itu maaf tadi ada orang yg bilang goblog siapa soo pinter aja tuh orang pengen tau muka nya
Biarin aja bro, diladenin malah nglunjak ntar. Kalo orang gila ngomong jgn didengerin ntar jd dosa wkwkwk
Klo d isi d ataz full bwah tanki thu efek a ap boz..bwt vixion..
Air radiator vixion sama seperti ari radiatornya mx ya?
Gan .. Kalau air radiator sebelumnya merk top 1 . Trusss skg di resevoir ane tambah pakai yamaha coolant . Apa ngk masalah tu gan?? Masalahnya di tabung reservoir dah di bawah low gan ….
gan kalo misalnya di isi dari radiatornya saja trus reservoirnya gak di isi bagaimana gan apa ada efeknya…
gakpapa gan, selama isi reservoir gak berkurang, ane jarang kuras reservoir kok, cuma kuras yg di radiator ama di mesin aja
Ane orang awam soal hal ini.
Dengan adanya artikel sperti ini bnyak membantu kmi yang masi tergolong baru didunia otomotif.
Makasi mas bro..
Insyallah berkaah.. hahha.. amin
om jer…. sy ngisi radiator..tp dari tabung reservoir, tanpa pakai langkah kuras menguras??? bgmn ya
gapapa kok, tapi bagusnya dikuras juga, soalnya klo kualitas aer dah jelek bikin mesin cepet panas karena pendinginan ga maksimal
om jer mau tanya kalo kipas radiator dibersiin pake sikat gigi tanpa harus ngelepas kipasnya boleh ga, ya ,,,, dan kalo kipas radiatornya kena seprot air ,, bisa mati ga , gimana ane tunggu jawabannya , tksh
gapapa kok , pelan2 aja gosoknya tapi, disemprot aer jg gpp , kan mmg harus dibersihin dpn blkg itu bro
Om jer, klo kereta ane radiatornya ane isi pake sunlight bs gak..
Tanks bang.. oh ya Bang klo baut pembuangan air radiator bocor atau ngucur gtu saat mesin nyala solusinya gmna bang. Tksh
om jer, kalo nguras air radiator yang ada di tabung reservoirnya caranya gimana ??
apa yang di tabung reservoir udah otomatis terkuras juga ??
mas saya mau tanya…
air radiatornya sudah tdak pakai selama satu tahun…
kalo skarang kita pakai kmbli mesinnya bisa normal kembali atau tidak..
Sangat membantu gan makasih 👍